Ini yang Terjadi Jika Penderita Diabetes Tidak Makan dengan Teratur

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Photo Credit : pixabay.com

DokterSehat.Com– Agar tidak mengalami komplikasi atau membuat kondisi kesehatannya semakin menurun, ada baiknya penderita diabetes makan dengan teratur dan memperhatikan apa saja yang mereka makan. Jika mereka tidak melakukannya, maka mereka pun akan mengalami dampak buruk seperti sebagai berikut.

  1. Mempengaruhi kinerja obat diabetes

Jika sampai penderita diabetes melewatkan waktu makan atau telat makan, maka kinerja obat diabetes baik itu yang diminum ataupun disuntikkan tidak akan bekerja dengan maksimal. Sebagai informasi, obat diabetes harus dikonsumsi dengan jadwal makan yang tetap setiap harinya agar bisa mempengaruhi naik turunnya kadar gula darah dengan efektif.

  1. Kenaikan berat badan

Sebuah penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam Journal of Nutritional Biochemistry menyebutkan bahwa jika sampai penderita diabetes melewatkan waktu makan, maka tubuhnya akan mengalai kekacauan insulin dan gula darah yang bisa menyebabkan kenaikan berat badan. JIka sampai hal ini terjadi, maka komplikasi berbahaya seperti hipertensi, penyakit jantung, dan stroke bisa lebih mudah datang.

  1. Mudah lelah dan tidak fokus

Melewatkan waktu makan akan membuat tubuh tidak akan mendapatkan nutrisi dari makanan yang sangat penting bagi ketersediaan energi dalam tubuh. Dalam beberapa kasus, hal ini bahkan bisa menyebabkan penderita diabetes mengalami gejala seperti pusing-pusing, tubuh gemetaran, dan mual. Selain itu, otak juga tidak akan mendapatkan asupan glukosa dengan cukup dan membuat kemampuan untuk berkonsentrasi atau menjalankan fungsi kognitif lainnya menurun drastis.

  1. Rentan mengonsumsi makanan tidak sehat

Melewatkan waktu makan akan membuat penderita diabetes mengalami rasa lapar yang luar biasa. Mereka pun tak lagi memperhatikan apa saja yang dikonsumsi sehingga lebih rentan mengonsumsi makanan yang bisa mengacaukan kadar gula dalam darah.

Melihat adanya fakta ini, penderita diabetes memang harus selalu makan dengan teratur ya?



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Belum ada Komentar untuk "Ini yang Terjadi Jika Penderita Diabetes Tidak Makan dengan Teratur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel