Mengenal Kondisi Gawat Janin dan Cara Mengatasinya

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

doktersehat-kehamilan-hamil

DokterSehat.Com– Dalam kehamilan, ada kondisi yang dikenal dengan istilah gawat janin. Kondisi ini bisa terjadi di kehamilan trimester akhir atau terjadi pada saat persalinan, dan dapat membahayakan ibu dan janin. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan kondisi gawat janin?

Mengenal istilah gawat janin

Kondisi gawat janin adalah kondisi ketika tenaga medis melihat kondisi bayi tidak baik selama kehamilan atau ketika proses melahirkan. Gawat janin juga dikenal dengan status janin yang mengkhawatirkan.

Ada beberapa penyebab kondisi gawat janin. Salah satunya adalah karena terganggunya pasokan oksigen dari ibu ke janin yang terganggu. Hal ini dapat menyebabkan penurunan detak jantung bayi. Selain itu gawat janin juga bisa disebabkan oleh kondisi preeklamsia.

Secara umum, bayi disebut gawat janin jika mengalami kondisi berikut:
1. Ukuran bayi lebih kecil dari seharusnya. Hal ini biasanya disebabkan oleh kurangnya asupan oksigen dari plasenta
2. Bayi sudah melebihi usia kehamilan normal, atau sudah berada dalam kandungan lebih dari 42 minggu.
3. Bayi memiliki sensitivitas rhesus.

Selain itu gawat janin juga dapat disebabkan oleh beberapa komplikasi kehamilan seperti preeklamsia, kelainan plasenta, ibu mengalami hipertensi, diabetes gestasional atau darah tinggi, serta ibu hamil berusia lebih dari 35 tahun saat hamil.

Kondisi gawat janin umumnya ditunjukkan dengan tanda-tanda seperti detak jantung bayi menurun, dan gerakan bayi juga menurun atau tidak bergerak sama sekali. Untuk itu, ibu perlu memantau kondisi gerak bayi ketika masuk trimester akhir kehamilan.

Apabila Anda merasa gejala gerakan bayi menurun dan detak jantung bayi menurun, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Kemudian, cobalah untuk tenang dan berpikiran positif sambil berbaringlah di sisi kiri untuk mengurangi tekanan di rahim Anda. Minum air putih untuk mencegah dehidrasi dan pastikan Anda mendapat suplai oksigen yang cukup. Setelah itu, Anda bisa mengikuti instruksi dari dokter apakah perlu dilaksanakan persalinan atau Anda perlu istirahat total.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Kondisi Gawat Janin dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel