Benarkah Minum Kopi Bisa Meningkatkan Risiko Kanker?

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

doktersehat-kopi-demensia

DokterSehat.Com– Kita tentu pernah melihat berita yang menunjukkan bahwa pengadilan di California, Amerika Serikat, meminta produsen minuman kopi, termasuk kafe-kafe kopi untuk menuliskan label risiko kanker pada minuman tersebut. Sebenarnya, apakah memang rutin minum kopi bisa memicu datangnya kanker?

Dilansir dari inews.co.uk, kandungan acrylamide yang bisa ditemukan dalam kopi atau makanan berkarbohidrat tinggi yang terpapar suhu tinggi seperti kue, keripik kentang, roti, dan sereal, sepertinya memang bersifat karsinogen atau bisa memicu kanker.

Kandungan acrylamide di dalam kopi muncul tatkala kopi mengalami proses pemanasan untuk mengubah biji kopi berwarna hijau menjadi kecokelatan dan memiliki rasa dan aroma kopi yang khas. Jika sampai masuk ke dalam tubuh, acrylamide akan mengubah DNA dan akhirnya memicu datangnya kanker.

Hanya saja, konsumsi kopi baru bisa meningkatkan datangnya kanker jika kita mengonsumsinya dengan berlebihan. Jika orang dewasa terbiasa mengonsumsi lebih dari 208 mikrogram acrylamide setiap harinya, maka risiko untuk terkena kanker pun meningkat dengan signifikan.

Sebagai informasi, secangkir kopi dengan ukuran 150 mililiter memiliki 0,9 hingga 2,4 mikrogram acrylamide. Memang, beberapa jenis kopi memiliki kandungan acrylamide yang lebih tinggi. Selain kopi, rokok ternyata juga memiliki kandungan acrylamide sebanyak 2.3 mikrogram untuk setiap batangnya.

Para peneliti yang melakukan eksperimen didukung oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menemukan fakta bahwa meskipun acrylamide memang bersifat karsinogen, mengonsumsi kopi tidak serta-merta bisa memicu datangnya kanker. Bahkan, para peneliti menyebutkan bahwa minum kopi bisa mencegah datangnya kanker endometrium dan kanker hati. Karena alasan inilah pada tahun 2016 lalu WHO mencabut kopi dari daftar makanan yang mungkin bersifat karsinogen.

Hanya saja, penelitian lain menyebutkan bahwa pecinta kopi yang juga merupakan perokok berat bisa memicu datangnya kanker karena terpapar berbagai kandungan beracun dari rokok setiap hari.

Melihat adanya fakta ini, tak perlu khawatir dengan berlebihan saat minum kopi asalkan tidak mengonsumsinya dengan berlebihan dan tidak disertai dengan gaya hidup yang buruk seperti merokok atau menerapkan pola makan yang buruk.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Belum ada Komentar untuk "Benarkah Minum Kopi Bisa Meningkatkan Risiko Kanker?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel