Awas, Sedentary Lifestyle Mengancam Kesehatan Tubuh!

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

doktersehat-makan-di-meja-kantor-gemuk-gendut-obesitas

DokterSehat.Com– Tahukah Anda apa itu sedentary lifestyle? Kerap tidak disadari, namun sedentary lifestyle kini semakin banyak dialami. Hal ini biasanya hanya dikaitkan dengan gaya hidup pasif saja, akan tetapi kini pola makan tidak sehat juga menjadi salah satu bagian dari sedentary lifestyle.

Sedentary lifestyle atau gaya hidup sedentari telah banyak diteliti karena kini gaya hidup ini meningkatkan risiko penyakit tidak menular yang kini banyak terjadi.

Apa Itu Gaya Hidup Sedentari?

Gaya hidup sedentari merupakan salah satu pola hidup yang mengarah ke aktivitas fisik yang rendah, biasanya ditunjukkan dengan terlalu banyak duduk dan tidak bergerak aktif, serta asupan pola makan yang tidak sehat. Kedua hal ini menjadikan gaya hidup sedentari menjadi gaya hidup yang sangat tidak sehat.

Iran Journal Public Health
meneliti bahwa penerapan gaya hidup sedentari ditunjukkan dengan menghabiskan waktu yang cukup lama dengan banyak diam, misalnya menonton televisi atau duduk terlalu lama.

Penelitian tersebut juga mebuktikan bahwa penerapan gaya hidup sedentari menyebabkan asupan plant based food menjadi sangat rendah. Padahal makanan yang berasal dari tanaman, misalnya buah, sayur dan whole grain merupakan bagian utama dari pola makan sehat.

Selain itu, makanan yang kerap dikonsumsi adalah makanan yang tinggi kalori, gula serta lemak. Hal ini tentu juga beriringan dengan semakin mudahnya kita memperoleh makanan cepat saji atau jajanan yang tidak sehat.

Bahaya Gaya Hidup Sedentari

Seperti yang telah disebutkan di atas, maka penerapan gaya hidup sedentari tentu akan meningkatkan risiko berbagai penyakit.

Tubuh yang tidak aktif dan asupan makanan berlebih yang akan disimpan tubuh dalam bentuk lemak akan menyebabkan risiko kolesterol tubuh meningkat. Asupan makan berlebih juga akan meningkatkan risiko terjadinya obesitas.

Seperti yang kita ketahui obesitas adalah induk dari tercetusnya berbagai penyakit seperti diabetes, penyakit jantung hingga stroke.

Jadi, hindari gaya hidup sedentari dengan lebih aktif bergerak dan menerapkan pola makan sehat yang kaya akan plant based food, ya.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Belum ada Komentar untuk "Awas, Sedentary Lifestyle Mengancam Kesehatan Tubuh!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel