Apa Penyebab Ibu Hamil Harus Melakukan Operasi Caesar?

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

doktersehat-operasi-pisau
pic credit: Army Medicine

DokterSehat.Com– Operasi caesar adalah salah satu metode persalinan yang banyak dilakukan selain persalinan normal. Saat ini masih banyak yang beranggapan bahwa melahirkan normal adalah cara melahirkan terbaik dibandingkan operasi caesar. Padahal dalam beberap kasus, operasi caesar adalah opsi yang aman ketika persalinan normal mengalami kendala atau justru berisiko bagi ibu dan janin.

Photo Credit: Army Medicine

Mengapa ibu hamil perlu melakukan operasi caesar?

Pada ibu hamil yang menjalani kehamilan dengan lancar dan tidak ada halangan, tentu akan disarankan untuk menjalani persalinan per vaginam atau persalinan normal. Namun pada beberapa kondisi tertentu, melahirkan normal justru akan berisiko bagi ibu dan janin sehingga akan lebih baik untuk melahirkan dengan operasi caesar.

Beberapa kondisi yang memerlukan operasi caesar antara lain:
1. Bayi berada dalam posisi sungsang
Bayi yang berada tepat di jalan lahir dapat membantu proses persalinan dengan mudah. Namun ada kalanya bayi berada dalam posisi sungsang, atau melintang sehingga sulit untuk melahirkan dengan normal. Dalam kondisi ini, ibu hamil umumnya direkomendasikan untuk menjalankan persalinan dengan operasi caesar.

2. Kondisi persalinan yang berjalan lama

Jika persalinan normal berlangsung terlalu lama karena hambatan tertentu, dokter akan merekomendasikan ibu untuk menjalani operadi caesar demi keselamatan ibu dan janin. Persalinan yang berjalan lebih dari 20 jam dapat membahayakan ibu dan janin.

3. Plasenta previa

Kondisi plasenta previa adalah ketika plasenta menutupi sebagian atau seluruh leher rahim. Hal ini membuat persalinan dengan vagina akan sulit terjadi dan sangat berisiko. Selain itu operasi caesar juga diperlukan apabila bayi mengalami abrupsio plasenta atau lepasnya plasenta dari dinding rahim yang menyebabkan bayi kehilangan oksigen.

4. Kehamilan kembar

Tidak selalu kehamilan kembar lahir dengan operasi caesar, namun jika salah satu bayi memiliki posisi abnromal, maka lebih baik untuk melahirkan dengan operasi caesar.

5. Kelainan panggul

Kelainan panggul dapat membuat posisi janin lebih menurun sehingga mengganggu persalinan. Bayi pada posisi ini umumnya memerlukan operasi caesar agar dapat lahir dengan selamat.

Selain kelima kondisi di atas, beberapa faktor lain yang menyebabkan ibu lebih baik menjalami operasai caesar antara lain adalah ibu memiliki riwayat operasi caesar sebelumnya, adanya masalah tali pusat dan kondisi kesehatan kronis lainnya.

Persalinan dengan operasi ceasar dapat memberikan manfaat jika dilakukan dengan alasan dan prosedur yang tepat. Selalu konsultasikan pilihan persalinan Anda dengan dokter agar kondisi kesehatan Anda dan janin selalu sehat.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Belum ada Komentar untuk "Apa Penyebab Ibu Hamil Harus Melakukan Operasi Caesar?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel