Tips Sehat Memilih Berbagai Jenis Saus

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

DokterSehat.Com– Apa saus yang paling sering Anda konsumsi? Saus tomat, mustard atau mungkin mayones? Penambahan saus pada bahan makanan tentu akan meningkatkan cita rasa makanan ya. Namun tentu kita juga harus memerhatikan bagaimana agar penambahan saus tersebut tidak memengaruhi kesehatan tubuh.

Meskpin kerap kita anggap tidak berpengaruh pada asupan gizi, nyatanya penggunan saus mendapatkan perhatian penting karena biasanya kandungan gula, garam atau lemak pada saus justru cukup tinggi.

Maka dari itu Maryann Tomovich, pakar kesehatan dan dietitian dari WebMD, menyebutkan beberapa tips sehat memilih berbagai jenis saus, yaitu:

1. Gunakan maksimal 1-3 sendok teh saus mustard

Saus berwarna kuning ini memiliki cita rasa manis dan pedas yang unik sehingga kerap digunakan sebagai saus atau dressing masakan. Namun penggunaannya tidak boleh berlebihan karena dalam satu sendok teh mustard kandungan sodiumnya adalah 60 mg, beberapa jenis mustard memiliki kandungan dua kalinya.

2. Membuat sendiri saus tomat

Siapa sih yang tidak suka saus tomat? Rasanya yang nikmat dan gurih membuat kita seakaan kecanduan saat memakannya. Namun untuk mengatur penggunaan gula dan garam dalam saus tomat kita dianjurkan untuk membuatnya sendiri.

Yaitu dengan cara menghaluskan satu buah tomat dalam kaleng yang rendah sodium dengan satu sendok teh gula cokelat serta satu sendok teh bubuk bawang merah dan bawang putih. Rasanya tentu sama enaknya namun yang kita buat tentu lebih sehat.

3. Pilih saus mayones rendah lemak

Selalu pilih untuk menggunakan mayones rendah lemak ya. Jika Anda sedang tidak menggunakan mayones rendah lemak maka gunakan saja separuh porsi dari kebutuhan Anda untuk mengatur asupan lemak dalam tubuh.

4. Membandingkan kandungan gizi saus barbekyu

Sebelum membeli saus barbekyu, bandingkan kandungan gula, garam dan lemak antara satu produk dengan lainnya. Agar pilihan saus Anda tepat maka pilih yang kandungan ketiganya paling rendah, ya.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Sehat Memilih Berbagai Jenis Saus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel