Sering Salah, Begini Cara Konsumsi Sayur dan Buah Agar Gizinya Maksimal

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

doktersehat-brokoli-sehat-sayur-nutrisi-vitamin

DokterSehat.Com– Jika biasanya cara Anda mengolah sayur ditentukan oleh menu makanan yang akan Anda buat, maka kini saatnya Anda menentukan pengolahan sayur dengan memerhatikan kandungan gizinya.

Beberapa jenis sayur dan buah, seperti kubis, tomat atau apel kerap kita olah dengan metode yang justru membuat kandungan gizinya hilang. Christine Mikstas, dietitian dari WebMD menyebutkan beberapa metode yang tepat untuk mengonsumsi buah dan sayur, diantaranya:

1. Mengukus brokoli

Sayur brokoli akan maksimal seluruh kandungan gizinya hanya jika disajikan dengan metode kukus. Metode masak lainnya seperti merebus dalam sup microwace atau menumisnya akan merusak kandungan vitamin C, klorofil dan protein yang ada pada brokoli. Jika Anda ingin mengukusnya, bumbui dengan minyak zaitun, garam dan perasan air lemon dan jadilah olahan brokoli yang kaya gizi.

2. Kubis yang difermentasi

Biasanya olahan apa yang Anda buat dari kubis? Masakan olahan terbaik untuk kubis adalah dengan memfermentasinya menjadi masakan seperti kimchi. Hal ini akan mendukung terbentuknya bakteri baik dengan adanya kandungan gula tertentu pada kubis sehingga menghasilkan zat yang dapat berfungsi mirip probiotik untuk pencernaan tubuh kita.

mencuci-buah-dan sayur-doktersehat

3. Buah lebih baik dimakan langsung dan meminimalisirkan pengupasan kulit

Serat pada buah akan lebih baik kualitasnya jika dikonsumsi dalam bentuk segar, dibandingkan dengan mengolahnya menjadi jus atau smoothies. Selain itu, seperti yang sering kita dengar, beberapa jenis buah, seperti apel atau pir memiliki kandungan gizi yang baik pada bagian kulitnya.

4. Tomat yang dimasak

Tomat yang dimasak atau tomat masak dalam kalengan terbukti memiliki kandungan antioksidan dan likopen yang lebih tinggi dari tomat segar. Membuat saus tomat alami dengan tambahan minyak zaitun akan semakin meningkatkan kandungan fitokimia tomat. Hal ini tentu akan baik untuk mencegah kanker, penyakit jantung dan stroke.

Nah, kini usahakan menggunakan metode masak di atas untuk mengolah sayur dan buah sehari-hari, ya.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Belum ada Komentar untuk "Sering Salah, Begini Cara Konsumsi Sayur dan Buah Agar Gizinya Maksimal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel