Manfaat Mengonsumsi Semangka Bagi Ibu Hamil

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

makan-buah-semangka-doktersehat
Photo Credit: pexels.com

DokterSehat.Com– Ibu hamil membutuhkan gizi yang baik demi kesehatan ibu dan janin. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi makanan yang baik bagi kehamilan dengan pola gizi seimbang di antaranya banyak mengonsumsi buah, sayuran dan daging secara seimbang. Bagi Anda yang ingin camilan buah sehat, salah satu buah yang bisa Anda konsumsi rutin adalah semangka. Apa saja manfaat semangka bagi ibu hamil?

Manfaat mengonsumsi semangka saat hamil

1. Membantu mencegah dehidrasi
Semangka adalah buah yang memiliki kandungan air cukup tinggi. Jika dikonsumsi secara rutin, semangka dapat membantu Anda mencegah dehidrasi atau kekurangan cairan. Namun hindari mengonsumsi semangka terlalu banyak karena dapat membuat ibu hamil sering berkemih.

2. Mengurangi morning sickness
Bagi Anda ibu hamil yang mengalami morning sickness, semangka merupakan salah satu buah yang dapat membantu Anda mengurangi morning sickness. Konsumsi semangka di pagi hari untuk membantu mengurangi morning sickness.

3. Melancarkan proses pencernaan
Selain kaya akan kandungan air, semangka juga kaya akan serat yang dapat membantu melancarkan proses pencernaan sehingga dapat mencegah konstipasi atau sembelit. Sembelit merupakan salah satu gangguan yang sering dialami oleh ibu hamil. Hal ini disebabkan oleh peningkatan hormon yang dapat menyebabkan melemahnya kerja otot.

4. Mencegah kram
Bagi ibu hamil yang sering mengalami kram, mengonsumsi semangka dapat membantu mengurangi kram. Umumnya gangguan kram muncul ketika usia kandungan memasuki trimester ketiga, baik karena perubahan hormon atau meningkatnya tekanan pada otot, sendi dan pembuluh darah.

5. Mengurangi bengkak

Kandungan air di dalam semangka diharapkan dapat sistem peredaran darah di sekitar pembuluh darah bisa berjalan lancar sehingga mengurangi bengkak pada ibu hamil.

6. Mencegah pigmentasi

Perubahan hormon pada ibu hamil memicu terjadinya pigmentasi pada kulit. Untuk mencegah terjadinya pigmentasi, ibu hamil dapat mengonsumsi buah yang banyak mengandung zat pigmen pembentuk warna kulit, salah satunya semangka.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Mengonsumsi Semangka Bagi Ibu Hamil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel